Makanan Yang Sering Salah Pengolahannya

Makanan-makanan berikut mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, lantaran pengolahannya sering salah, maka nutrisi dalam makanan ini pun jadi berkurang bahkan hilang. Apa saja?

Wortel
Wortel paling enak dicampur ke dalam sayur sup. Akan tetapi, sebuah riset menemukan memotong wortel berpotensi membuat nutrisi yang ada dalam wortel keluar. Untuk itu, rekomendasi terbaik mengkonsumsi wortel cukup dengan mencuci dan mengupasnya. Dimakan tanpa direbus bahkan lebih bagus.

Teh
Jika Anda ingin tubuh menyerap nutrisi yang terkandung dalam teh dengan optimal, maka jangan minum teh ala bangsawan Inggris. Riset menemukan bahwa menambahkan krim susu kedalam teh bisa menghilangkan sejumlah manfaat kardiofaskular yang ada di dalam secangkir teh. Cukup tambahkan sedikit jus, jangan gula, untuk mempermanis teh. Vitamin C dalam jus bisa membantu meningkatkan bioavailabilitas.

Bawang Putih
Bawang putih sebaiknya jangan diiris, tetapi digerus atau dihancurkan agar bawang putih bisa melepaskan enzim yang disebut allicin. Riset menemukan, allicin bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Apel dan Pir
Riset menemukan kedua buah-buahan tersebut sebaiknya dimakan saat buah setengah matang. Sebab proses pematangan memungkinkan klorofil dalam pir dan apel pecah hingga pada akhirnya hanya menghasilkan sedikit antioksidan, yang dibutuhkan tubuh.

Brokoli
Tanpa diragukan lagi, brokoli adalah salah satu makanan terbaik bagi tubuh. Sayur ini, bisa mencegah kanker, khususnya kanker payudara dan kanker kulit. Untuk bisa mengoptimalkan khasitnya, brokoli paling bagus dikonsumsi dengan cara dikukus. Merebus atau menggoreng brokoli disebut dalam sebuah riset pada 2008 sebagai cara terburuk mengolah brokoli.

Bayam
Bayam telah terbukti mempunyai sifat anti penuaan serta anti karsinogenik akibat tingginya konsentrasi senyawa flavonoid. Para peneliti telah menegaskan bahwa senyawa dalam bayam baik untuk otak, menjaga tekanan darah, mencegah pengerasan dan penebalan arteri, usus, osteoporosis, dan artritis, kadar gula dalam darah untuk pasien diabetes.Baik untuk pertumbuhan anak-anak & bagi wanita yang sedang menstruasi karena terdapat zat besi yang tinggi dan kandungan mineral.

Bayam yang dimasak akan sedikit kehilangan kandungan folat dan vitamin C-nya, tapi kandungan vitamin A lebih tinggi dibandingkan bayam mentah.

Bayam bisa dikonsumsi secara mentah, tapi bayam sebaiknya dimasak dulu untuk membantu menghilangkan kandungan oxalic acid-nya

Dianjurkan untuk mengkonsumsi sesaat setelah dimasak, jangan setelah 5 jam, karena zat ferri dan nitrat yang teroksidasi menjadi nitrit yang bersifat racun.

Mengolah bayam dalam perkakas dari aluminium menimbulkan reaksi antara zat besi yang terkandung dalam bayam dan perkakas aluminium dan bersifat racun.

Saat merebus bayam, jangan tutup panci, agar asam yang terkandung dalam bayam terlepas melalui uapnya. Bayam cukup direbus selama 1 menit setelah air mendidih.



Infografis: Sehat_Negeriku
Referensi: DW / WHO

Related Posts

Makanan Yang Sering Salah Pengolahannya
4/ 5
Oleh